Senin, 07 November 2011

PENYEBAB KEGAGALAN PARA WIRAUSAHAWAN


PENYEBAB KEGAGALAN PARA WIRAUSAHAWAN

Usahamandiri-ajizan.blogspot.com. Menjadiwirausahawan yang sukses tentunya menjadi harapan bagi banyak orang. Akan tetapi tentu tidak mudah  untuk menggapai kesuksesan tersebut begitu saja. Bahkan tidak sedikit para usahawan yang mengalami kegagalan. Walaupun kegagalan sendiri bagi seorang wirausahawan adalah hal yang umum dan ternyata sering kali malah banyak memberikan dampak positif . Anda bisa lihat dan baca tentang perjalanan hidup para pengusaha sukses dalam membangun usahanya, sebagian besar mereka pernah mengalami kegagalan atau kebangkrutan bahkan tidak hanya sekali dua kali tapi ada yang mengalaminya berkali-kali,  sampai-sampai ada ungkapan seseorang belum pantas disebut sebagai seorang wirausahawan kalau belum pernah mengalami kegagalan. Bagi orang-orang yang bermental wirausahawan sejati berbagai kegagalan tersebut tidaklah menyurutkan langkah mereka tetapi justru mendorong mereka untuk mengevaluasi diri,  mencari solusi dan berinovasi untuk  menemukan jalan kesuksesan.

Kegagalan para wirausahawan pun juga bermacam-macam. Ada kegagalan yang berdampak positif sehingga justru membentuk seorang wirausahawan menjadi sosok yang lebih matang,kreatif dan piawai dalam menjalankan bisnis. Ada juga kegagalan yang bersifat fatal yaitu kegagalan yang menyebabkan seorang pengusaha tidak pernah dapat bengkit lagi dari kegagalannya tersebut selama-lamanya .Untuk itulah walaupun kegagalan adalah hal yang lumrah bagi seorang wirausahawan tapi kalau bisa kita hindari mengapa tidak Kita lakukan. Karena untuk belajar dari kegagalan Kita tidak perlu harus mengalaminya sendiri,betul  bukan.

Banyak hal yang dapat menyebabkan kegagalan seorang wirausahawan. Berikut ini beberapa yang menurut Saya menjadi penyebab utamanya: 

1.    Tidak menguasai medan usahanya dengan baik
Seorang wirausahawan dituntut menguasai bidang usahanya secara  menyeluruh dengan baik. Baik pengetahuan itu benar-benar dia miliki sendiri atau paling tidak dia memiliki sumber informasi yang bisa dipercaya  tentang hal-hal terkait dengan usahanya.Banyak pengusaha yang bisa membuat produk yang menurutnya berkualitas baik tapi ternyata tidak laku karena  tidak sesuai dengan selera pasar, artinya Dia tidak menguasai target pasar dengan baik.Banyak juga pengusaha yang menempatkan  SDM tidak sesuai dengan keahliannya, tidak mengerti tentang pengelolaan keuangan, tidak tau kapan menerapkan  strategi  pemasaran tertentu, tidak mengetahui siapa saja saingannya dan siapa saja yang potensial bisa mendukung usahanya, tidak faham pengelolaan bahan baku dan modal agar usaha bisa berkesinambungan dengan baik dan sebagainya .Itu semua akan mengantarkan seorang wirausahawan pada kegagalan.

2.    Terlalu tergesa-gesa ingin mencapai hasil
Inilah penyakit yang banyak menghinggapi para wirausahawan.Semangat untuk sukses harus ada , tetapi harus disadari betul bahwa medan para wirausahawan adalah medan yang penuh rintangan , tantangan, resiko dan kerja keras. Ketergesa-gesaan banyak menggelincirkan para wirausahawan pada tindakan atau strategi yang tidak tepat guna dan tepat sasaran, akhirnya yang terjadi adalah pemborosan dan kerugian. Ketergesa-gesaan biasanya juga mengurangi kesabaran dan keuletan dalam berjuang dan akhirnya malah mempercepat putusnya seorang wirausahawan dari usahanya.

3.    Tidak disiplin dan lemah pada komitmen
Kontrol seorang wirausahawan ada pada dirinya sendiri, karena mereka adalah orang orang yang mandiri.Tetapi justru inilah ujian yang berat bagi para wirausahawan.Karena merasa sebagai pemegang kendali keputusan mereka sering merubah komitmen atau aturan main yang mereka rancang sendiri dari awal atau menunda-nunda sesuatu yang telah direncanakan demi kepentingan sesaat mereka yang tidak ada hubungannya dengan usaha mereka  sehingga akhirnya jalan yang mereka tempuh mulai menyimpang dari tujuan utama yang hendak mereka raih atau capaian mereka jauh dari apa yang ditergetkan. 

4.    Tidak mau belajar dan mengikuti perkembangan teknologi
Seorang wirausahawan yang tidak mau belajar akan sangat mungkin kalah dalam persaingan.Di jaman seperti sekarang ini persaingan usaha  semakin ketat sehingga  pilihan konsumen semakin banyak  dan posisi tawarnya semakin tinggi.Untuk mendapatkan hati para konsumennya para pelaku usaha akan berlomba-lomba meningkatkan mutu produknya dengan menerapkan ilmu atau teknologi terampuh  demikian pula dalam strategi-strategi pemasaran.Sehingga jika seorang wirausahawan tidak mau mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi maka dia akan ditinggalkan oleh para pesaingnya.

Nah itulah empat faktor yang menurut saya banyak menjadi penyebab kegagalan seorang pengusaha atau wirausahawan dalam menjalankan usahanya.Jika Anda seorang yang sedang berusaha menjadi seorang wirausahawan semoga Anda dapat terhindar dari keempat hal di atas, dan cukuplah kegagalan orang lain menjadi pelajaran buat Kita.Selamat berjuang semoga sukses selalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar