Sabtu, 12 November 2011

MANISNYA PELUANG USAHA SALE PISANG SEMANIS RASANYA


MANISNYA PELUANG USAHA SALE PISANG SEMANIS RASANYA

Usahamandiri-ajizan.blogspot.com.  Beberapa waktu lalu istri saya tercinta memberikan oleh-oleh sale pisang buat saya sepulang belanja dari supermarket. Makanan yang satu ini memang sangat lezat menurut saya.Sensasinya khas di lidah, manis,  renyah dan lezat.Ya saya kira banyak juga yang menyukai sale pisang, mungkin termasuk Anda.Selain enak sale pisang ternyata juga termasuk makanan yang bergizi tinggi.Berikut ini beberapa kelebihan gizi yang ada pada pisang:

  •     Merupakan sumber energi yang cukup tinggi di banding buah-buahan lain
  •      Kaya mineral seperti: kalium, magnesium, fosfor, besi, dan kalsium
  •      Kaya vitamin seperti: vitamin A, C, B kompleks, B6 dan serotonin yang aktif sebagaineurotransmiter dalam kelancaran fungsi otak
  •    Mempunyai kadar lemak yang rendah , sehingga tidak perlu takut gemuk kalau makan sale pisang dalam jumlah yang banyak.
Saya buat postingan ini karena terinspirasi apa yang tiap hari saya lihat.Tiap pagi ketika saya berangkat ke tempat kerja  selalu melewati sebuah pasar tradisional.Di tepi pasar itu dagangan yang paling banyak dipajang adalah pisang, bahkan kadang saya lihat sendiri ada truk penuh muatan pisang yang sedang menurunkan barangnya di pasar tersebut. Ya di Indonesia ini pisang sangat mudah kita temui bahkan seperti tidak mengenal musim.Tentu saja ini bisa kita manfaatkan , diantaranya dengan mengolah pisang sehingga bisa memiliki nilai tambah, diantaranya dengan mengolahnya menjadi sale pisang.Dengan mengolah menjadi sale pisang maka daya tahan buah ini bisa semakin panjang bahkan sampai berbulan-bulan atau tergantung cara pengemasannya dan rasanyapun juga menjadi lebih lezat sehingga nilai ekonominya pun juga bertambah.

Cara membuat sale pisang ternyata tidaklah sulit dan alat serta bahan yang dibutuhkanpun mudah di dapatkan.Ini sangat cocok untuk usaha rumahan,  eit… tapi jangan salah sangka dulu..,walaupun bisa di mulai dalam skala industri rumahan atau home industry tapi usaha sale pisang ini bisa kita kembangkan menjadi industri skala besar yang akan memberikan omzet yang besar pula.Hal ini karena saat ini sudah ada alat atau mesin pengering sale yang bisa lebih mempercepat waktu produksi sale  dalam jumlah besar.Inipun telah dibuktikan dengan adanya beberapa produsen yang  mampu memproduksi sale pisang dalam skala besar bahkan ada yang sudah bisa mengekspor ke berbagai mancanegara seperti Hongkong, Kanada, Jepang , Thailand dan beberapa negara lain.Ini menjadi bukti juga kalau pasar untuk sale pisang sangat menjanjikan.

Baiklah, jika ada di antara Anda  yang tertarik untuk menekuni bisnis ini, di bawah ini saya sajikan resep dan cara pembuatan sale pisang:

1.    Kupas pisang yang telah matang, biasanya bisa digunakan pisang ambon atau siam, kemudian kerok sedikit bagian permukaan buahnya hingga bersih.Proses ini bertujuan menghilangkan lapisan tannin pada pisang.Jika lapisan ini tidak dibersihkan dapat menyebabkan warna sale kehitaman dan rasanya sepat.Pada tahap ini untuk mendapatkan sale yang tipis dapat juga pisang di belah menjadi dua atau tiga secara memanjang.

2.    Untuk mendapatkan warna sale pisang yang tidak terlalu coklat (gelap) pisang dapat direndam dalam larutan Natrium bisulfit (15 gram dalam 1 liter air) selama 10 menit.Natrium bisulfit ini dapat anda peroleh di toko  bahan kimia atau bahan –bahan roti dan makanan.

3.    Letakkan pisang di atas tampah, kemudian masukkan dalam almari pengasapan.Asapi pisang dengan kayu bakar atau belerang  yaitu dengan membakar ½ gram belerang didalam almari pengasapan selama 2 jam.Pengasapan dengan belerang bertujuan memucatkan warna sale dan mematikan mikroorganisme (jamur dan bakteri) dan mencegah perubahan warna.

4.    Jemur pisang di atas tampah dengan alas merang selama 5-7hari.Proses pengeringan ini berpengaruh terhadap kadar air, pertumbuhan jasad renik, nilai gizi, aktivitas enzim dan warna sale pisang.pengeringan dapat dilakukan dengan sinar matahari atau dengan menggunakan oven pengering.Jika menggunakan oven pengering   diawali pada suhu 40o-50oC.Setelah beberapa jam suhu dinaikkan menjadi 70oC.Waktu yang diperlukan untuk pengeringan sampai kadar air sampai 15% kira-kira 6-18 jam.Selama proses pengeringan sesekali sale dibolak balik dan dipipihkan menggunakan kayu bulat atau bambu sampai ketebalan yang diinginkan.

5.    Setelah kadar air tinggal 15 – 20 % sale dapat di kemas dengan daun pisang kering atau plastik polipropilen untuk selanjutnya  dipasarkan, atau untuk menambah sensasi renyah dan kering sale dapat digoreng terlebih dahulu. Biasanya sale yang dihasilkan sebanyak 25% dari berat kotor bahan pisang basah dengan kulitnya..

Nah, mudah bukan,.Anda dapat segera mencobanya dan semoga sukses.

2 komentar:

  1. Bos,ini diluar pembicaraan mengenai sale pisang,ini mengenai menjuai ide atau tulisaqn menghasilkan uang secara online,maksudnya gimana sih,tidak ngerti tuh. Bisa jelaskan sedikit.

    BalasHapus
  2. Trima kasih atas kunjungannya bang Heri,tentang menghasilkan uang dengan menjual ide atau tulisan secara online sebetulnya yang lebih berkompeten menjawab adalah pembuat e-book dan video tutorialnya sendiri (Bp GM Susanto),tapi saya bantu sedikit kira-kira seperti ini:ketika browsing di internet atau sedang on line salah satu yang paling dicari orang adalah informasi, terutama informasi yang bisa membantu memecahkan masalahnya, nah di sinilah peluang menghasilkan uang secara on line ini terbuka yaitu dengan kita membuat produk informasi baik berupa e-book atau video yang berisi informasi-informasi yang tentu saja sangat dibutuhkan orang , misal saja informasi yang berkaitan dengan hobi; misal kita buat e-book atau video tentang 10 trik perawatan paling rahasia dari juara kicau burung nasional agar cucakrawa kita selalu menang kontes.
    nah lalu kita tawarkan e-book tersebut secara on line,informasi tersebut kemungkinan akan sangat menarik para pehobi burung kicau untuk membelinya,demikian bang Heri semoga bisa memberi sedikit gambaran.

    BalasHapus