STRATEGI AMPUH MENDAPATKAN PENGHASILAN MELALUI FACEBOOK

Rabu, 02 November 2011

BAGAIMANA CARA MEMULAI MENJADI SEORANG WIRAUSAHAWAN YANG SUKSES


BAGAIMANA CARA MEMULAI MENJADI SEORANG WIRAUSAHAWAN  YANG SUKSES

Usahamandiri-ajizan.blogspot.com. Menjadi wirausahawan, pengusaha  atau enterpreneur akhir-akhir ini semakin banyak diminati.Hal ini tentu bertolak belakang dengan beberapa puluh tahun yang lalu di mana banyak orang tua yang menggadang-gadang anaknya untuk menjadi seorang pegawai.Penghasilan yang mapan, jenjang karier yang jelas, resiko investasi yang minim dan iming-iming pensiun tentulah sangat menarik bagi banyak orang tua untuk mendorong anaknya supaya menjadi seorang pegawai . Tapi  kondisi hari ini sudah sangat jauh berbeda.Persaingan tenaga kerja yang semakin  berat, sistem ketenagakerjaan yang sering menempatkan pegawai pada posisi lemah, beban kerja yang tidak sebanding dengan gaji yang diperoleh  telah memaksa banyak orang untuk merubah pola fikirnya .
Menjadi wirausahawan adalah sebuah tantangan sekaligus sebagai harapan.Menjadi tantangan karena memang tidak semua orang dengan mudah dapat menjalaninya.Kondisi  usaha yang tidak menentu, dan resiko investasi yang besar adalah hal - hal yang sering menghantui banyak orang yang hendak terjun menjadi seorang wirausahawan. Menjadi harapan karena banyak hal yang dapat diperoleh ketika kita bisa menjadi seorangwirausahawan  yang sukses.Mulai dari Potensi penghasilan yang “tak terbatas”, kebebasan waktu yang bisa dimanfaatkan untuk lebih akrab dengan keluarga dan masyarakat,kepuasan batin bisa menyediakan lapangan kerja untuk orang lain, dan bebas dari tekanan atasan adalah beberapa hal yang bisa dinikmati oleh seorang wirausahawan yang sukses.
Lalu bagaimana cara kita untuk memulai menjadi seorang wirausahawan?.Berikut ini beberapa tips yang mungkin bermanfaat bagi  Anda  yang akan terjun menjadi seorang wirausahawan atau entrepreneur
  • Miliki tekad  yang kuat
Ini modal yang utama , jangan pernah terjun menjadi seorang wirausahawan kalau tekad Anda lemah.Menjadi Wirausahawan akan banyak rintangan dan tantangannya, kalau tekad Anda sedari awal tidak kuat yakinlah Anda akan cepat mengundurkan diri dari medan ini pada langkah-langkah awal Anda.
  • Tetapkan tujuan yang Jelas
Untuk melakukan aksi Anda wajib memiliki suatu tujuan.Tetapkanlah tujuan Anda sebagus dan semulia mungkin. Gali idealisme  terkuat Anda. Saya katakan tujuan ini sangat besar perannya bagi kesuksesan Anda.Tujuan Anda inilah yang nantinya akan selalu menjadi bahan bakar sepanjang perjuangan Anda.Tujuan inilah yang akan mengompori Anda  terutama saat-saat anda terpuruk, lemah atau jenuh.Bahkan tujuan ini jugalah yang akan dapat melipatgandakan energy Anda menjadi berlipat-lipat.
  • Kuasai medan yang akan Anda terjuni
     Ilmu sebelum bertindak adalah wajib.Ini akan bermanfaat  memperkecil resiko kegagalan Anda di tengah jalan.Kalau banyak orang di luar sana mendorong  Anda untuk segera beraksi dengan iming-iming kisah sukses para entrepreneur besar  tanpa meminta anda belajar dahulu alias nekat saja, maka jangan cepat-cepat diikuti. Mungkin di jaman dulu resikonya tidak terlalu besar, tapi di jaman ini di mana persaingan demikian hebat, terjun di suatu bidang tanpa Anda tahu medannya akan sangat  beresiko  dan menguras energi.Tentu yang di maksud menguasai medan ini tidak perlu Anda harus menjadi seorang ahli dulu, cukup anda kuasai dasar-dasar dan kerangka besar bidang yang akan Anda masuki, lalu perdalam sambil melakukan aksi. 
  • Fokuslah pada satu bidang dulu
     Banyak orang saking bersemangatnya menjadi wirausahawan mereka langsung terjun pada banyak bidang, padahal mereka adalah orang baru di bidang ini.Banyak ide-ide cemerlang di kepala mereka langsung mereka actionkan bersamaan dan akhirnya justru semuanya terbengkalai.Saran saya   fokuslah dulu pada satu bidang, selami betul-betul usaha Anda, rasakan ritmenya sampai usaha anda berjalan stabil , tahan dulu ide Anda yang lain dan hemat energi Anda,dan yakinlah akan ada timingnya untuk mengactionkan ide-ide Anda yang lain. 
  •  Mulailah dari yang kecil
      Pertarungan bisnis  adalah pertarungan memperebutkan hati para konsumennya.Ini dapat Anda capai dengan brand name , kualitas produk  dan pelayanan prima.Logisnya ketika anda sebagai pemain baru di suatu bisnis maka tidak ada yang mengenal anda dan produk Anda, jika Anda langsung memulai usaha secara besar-besaran dalam kondisi seperti itu jelas ini sangat tidak efektif dan Anda beresiko mengalami kerugian dan kegagalan.Maka itu mulailah secara bertahap dan fokuslah, bangunlah brand name Anda, setelah itu mulai terwujud yakinlah bisnis Anda akan lebih cepat berkembang dan  semakin kokoh. 
  •  Kelilingi diri Anda dengan orang-orang besar
Seorang pengusaha besar pernah berkata jika kamu belum hebat dalam menunggang kuda maka carilah kuda tunggangan yang hebat.Keberadaan orang-orang besar yang telah sukses di sekitar Anda sangat penting artinya ketika Anda memulai usaha , mintalah dukungan dari orang – orang yang Anda segani, saran, bimbingan dan pengalaman mereka akan sangat berguna  bagi kesuksesan Anda.

Nah itulah beberapa tips yang  bisa Anda pakai jika berminat  memulai terjun menjadi seorang wirausahawan.Dengan memahami hal-hal di atas Saya harap bisa memperkecil resiko kegagalan seorang wirausahawan pada diri Anda . Selamat mencoba dan berjuang,…Semoga sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar